tugas pemanfaatan komunikasi bisnis yang berhasil di perusahaan

Penerapan e-commerce di PT.Telkom Indonesia

Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan. Sementara itu dalam layanan Communication, Plasa.com menyediakan berbagai aplikasi seputar komunikasi online serta beragam fasilitas layanan iklan sebagai media komunikasi bagi para pebisnis dengan pelanggannya. Telkom telah melakukan studi banding ke Jepang dan Korea untuk mengembangkan e-Commerce dengan target mendorong para pelaku UKM yang berada di bawah binaan Telkom melalui Program Kemitraan untuk bergabung dalam portal Plasa.com.
Hingga saat ini Telkom memiliki sekitar 30.000 mitra binaan aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Badan Usaha Milik Negara itu juga telah melakukan penandatangan Program Charter yaitu kerja sama antara Telkom dengan Telkomsel dan Bank Internasional Indonesia (BII) sebagai mitra penyedia gerbang pembayaran. Selain itu, kerja sama juga menggandeng Gramedia, Pasar Raya dan Grup Ciputra mewakili para merchant yang membuka toko di Plasa.com.
Plasa.com adalah salah satu portal online tertua dan terbesar di Indonesia yang diluncurkan Telkom pertama kali pada tahun 1998. Selama ini Plasa.com telah memberikan layanan wadah kepada komunitas online Indonesia melalui layanan email gratis, web forum, web chat, dan blog. Plasa.com diluncurkan kembali dengan wajah baru dan fasilitas yang diperbaharui di antaranya dengan menyediakan fasilitas e-commerce. Melalui penyelenggaraan e-commerce, Mojopia menargetkan untuk dapat mendorong pertumbuhan pasar e-commerce. Selain itu, layanan ini juga diharapkan ikut membantu mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam negeri, serta meningkatkan jiwa entrepreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
Satu juta pengguna Internet telah mengandalkan internet sebagai tempat berbelanja, apalagi didorong oleh pertumbuhan internet yang sangat pesat. Di akhir 2010, Plasa.com mempunyai target sebanyak 1000 merchant pada akhir 2010. Dalam mengembangkan bisnis ini, Plasa.com memiliki partner store seperti Gramedia dan Pasaraya, selain itu juga tersedia Toko Selebriti. Mojopia dan Telkom akan memberikan perhatian dan dukungan serius terhadap pengembangan UKM di Indonesia. Dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet dan mobile web Indonesia yang sangat pesat, diharapkan Plasa.com dapat mendorong semangat kewiraswastaan sebagai sentra jual beli online terbesar di Indonesia. Brand promise Mojopia adalah educate, enrich, empower, artinya Mojopia membuat Plasa.com sebagai platform e-commerce dengan tujuan untuk memunculkan entrepreneur-entrepreneur Indonesia.

Manfaat dari penerapan e-commerce di PT.Telkom Indonesia 
Dalam bidang perdagangan, internet mulai banyak dimanfaatkan sebagi media aktivitas bisnis karena lebih efisien. Aktivitas perdagangan melalui media internet ini popular dengan electronic commerce (e-commerce). Di Indonesia, e-commerce mulai dikenal pada tahun 1996, meski belum terlalu populer, pada tahun 1996 tersebut mulai bermunculan berbagai situs yang melakukan e-commerce. Sepanjang tahun 1997-1998 keberadaan e-commerce di Indonesia sedikit terabaikan karena krisis ekonomi. Setelah melewati krisis ekonomi di tahun 1999 hingga sekarang e-commerce semakin lama semakin memiliki daya tarik tersendiri karena keefisienan dan kenyamanannya. Kenyamanan dalam artian apa yang sulit atau tidak mungkin dilakukan sebelumnya menjadi mungkin dengan e-commerce.
Di Indonesia, peluang e-commerce untuk berkembang kelihatannya cukup besar. Karena Indonesia adalah negara berkembang, melihat kenyataan bahwa Indonesia adalah negara berkembang maka secara logis akan terjadi persaingan besar-besaran untuk membuat sesuatu dan persaingan itu dapat memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya manfaat bagi pengguna internet dan peluang berkembangnya e-commerce.
Secara umumnya, E-COMMERCE merupakan aktivitas perdagangan melalui media internet. Dengan adanya EC ini banyak sekali manfaat atau keuntungan yang dihasilkannya. Manfaat atau keuntungan ini terbagi menjadi tiga obyek, yaitu manffat bagi konsumen, manfaat bagi masyarakat dan manfaat bagi bisnis. Berikut ini penjelasannya.
Manfaat e-commerce bagi konsumen 
1. Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
1. Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
1. Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
1. Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
1. Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
1. Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
1. Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
1. Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat e-commerce bagi masyarakat 
1. Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
1. Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
1. Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
1. Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Manfaat e-commerce bagi bisnis  
1. Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
1. e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.

Laporan Keuangan KWH tanggal 2 Juni 2015

No
Pengeluaran
Pemasukan
Keterangan
Harga
Keterangan
Harga
1
Dress Panjang 4x 120000
Rp. 480.000
2x130000
Rp. 260.000
2
Rok 4x 130000
Rp. 520.000
2x145000
Rp. 290.000
3
Cardigan 4x70000
Rp. 280.000
3x85000
Rp. 255.000
4
Blazzer 5x100000
Rp. 500.000
2x130000
Rp. 260.000

Jumlah
Rp. 1.780.000

Rp. 1.065.000





Keterangan :
Barang yang laku dijual : Rp. 1.065.000

Sisa Barang : Rp. 870.000

LAPORAN KEUANGAN 2


No
Pengeluaran
Pemasukan
Keterangan
Harga
Keterangan
Harga
1
Dress Panjang   (6xRp120.000)
Rp 720.000
4x Rp. 130.000
Rp 520.000
2
Rok 2 (2x Rp. 130.000 )
Rp 260.000
2x Rp. 145.000
Rp 290.000
3
Cardigan (4x Rp. 70.000)
Rp  280.000
2x Rp. 85.000
Rp 170.000
4
Blazzer (4x Rp. 100.000)
Rp  400.000
3x Rp. 130.000
Rp 390.000
Jumlah
Rp 1.660.000
Rp 1.370.000
Keterangan : 
Barang yang laku dijual =  Rp.1.370.000
Sisa Barang = Rp. 290.000

Laporan keuangan _ Baru order penjualan hari ini ( KWH )

No Pengeluaran Pemasukan
Keterangan Harga Keterangan Harga
1 Dress Panjang (6x Rp. 120.000)  Rp 720.000 4x Rp. 150.000  Rp  600.000
2 Cardigan (4x Rp. 70.000)  Rp 280.000 2x Rp. 85.000  Rp  170.000
3 Blazzer (2x Rp. 100.000)  Rp 200.000 1x Rp. 110.000  Rp  110.000
Jumlah  Rp 1.200.000  Rp  880.000
Keterangan : 
Barang yang laku dijual =  Rp. 880.000
Sisa Barang = Rp. 320.000

How to build market campaign

Who ??
- Remaja
- Ibu- ibu ( teman orang tua ), yang sering pergi ke pesta dan arisan.
- Ibu - ibu sosialita

Where ??
- Rumah sendiri
- Palembang ( kayuagung ), Karena disana gaun seperti ini sangat banyak peminatnya.

What ??
yang ditawarkan dari produk ini adalah :
- Model pakaian limited edition
- Harga terjangkau karena langsung di butik pusat.

Why ??
- Bahan berkualitas
- Model yang tidak pasaran
- Kulitas sama dengan barang yang berharga jutaan.

LAPORAN LABA RUGI

 Penjualan   Rp  1.470.000
HPP
SaldoAwal   Rp         -
Pembelian   Rp1.000.000
Barang Tersedia U/ di jual   Rp 1.000.000
Persedian Akhir   Rp177.500
HPP              Rp822.500
LabaKotor   Rp647.500
BebanBeban 
 Beban Transportasi  Rp100.000
 Beban Lain- Lain   Rp200.000
 Total Beban   Rp300.000
 Laba Bersih   Rp347.500

up